Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

By | December 25, 2022

Sama seperti buahnya, daun jambu biji juga dapat memberikan beragam manfaat. Manfaat daun jambu biji ini berasal dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya yang diketahui baik untuk kesehatan tubuh dan mampu mengatasi berbagai penyakit.

Buah jambu biji dikenal sebagai salah satu buah yang kaya dengan nutrisi dan antioksidan. Namun, siapa sangka daunya juga dapat memberikan manfaat yang tidak kalah penting untuk tubuh.

Bahkan, daun jambu biji (Psidium guajava L.) telah dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti obat sakit gigi berlubang tradisional diare, disentri, dan nyeri lambung.

Beragam Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Daun jambu biji memiliki khasiat sebagai antiradang, antioksidan, antimikroba, antikanker, dan antidiabetik yang penting untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini didukung oleh berbagai kandungan senyawa alami di dalamnya, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, saponin, antosianin, karotenoid, minyak atsiri, dan fenol.

Selain itu, daun jambu biji juga diketahui mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C dan zat besi.

Berikut ini adalah berbagai manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh:

Meringankan Nyeri Menstruasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi gejala nyeri menstruasi, misalnya kram perut. Khasiatnya ini bahkan dinilai sama efektifnya dengan obat pereda rasa sakit, seperti ibuprofen.

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri saat menstruasi, bisa coba mengonsumsi ekstrak daun jambu biji sebanyak 6 miligram setiap harinya. Namun, bila nyeri tak kunjung mereda, jangan anggap sepele dan segera periksakan diri ke dokter kandungan.

Menurunkan Kadar Gula

Daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah, baik penderita diabetes maupun orang yang berisiko mengalami diabetes. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi teh daun jambu biji setelah makan dapat menekan lonjakan kadar gula darah.

Manfaat daun jambu biji ini diambil dari kandungan polifenol di dalamnya yang telah terbukti dapat mengontrol penyerapan karbohidrat dari makanan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mencegah dan mengatasi diabetes, kandungan dalam ekstrak daun jambu biji juga memiliki efek menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik.

Gabungan efek penurun tekanan darah dan kolesterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, misalnya gagal jantung atau serangan jantung.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun jambu biji mengandung zat yang bersifat antikanker. Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, leukemia, dan melanoma.

Namun, sejauh ini, daun jambu biji belum terbukti memiliki efek yang sama dengan pengobatan kanker, seperti operasi, kemoterapi, atau terapi radiasi. Oleh karena itu, manfaat daun jambu biji sebagai obat antikanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *