5 Efek Samping Kopi Hitam Jika Dikonsumsi Berlebihan

By | December 22, 2022

hydraruzdspnew4ag.com Efek samping pada kopi hitam sering terjadi akibat mengonsumsi asupan tersebut dengan takaran yang berlebihan.

Biasnaya ada beberapa orang yang rutin sekali mengonsumsi kopi di pagi jari sebelum beraktivitas. Jika dikonsumsi secara wajar, maka kopi hitam akan memberikan manfaat baik bagi tubuh, seperti dapat meningkatkan mood dan konsentrasi.

Tetapi, jika Anda mengonsumsi terlalu berlebihan, mungkin akan merasakan efek samping kopi hitam yang dapat merugikan kesehatan.

Nah, di bawah ini admin akan membagikan 5 efek samping jika Anda mengonsumsi kopi terlalu berlebihan. Selengkapnya di bawah ini!

1. Dapat Mengalami Gangguan Tidur

Efek samping pada kopi yang pertama adalah membuat Anda menjadi kesulitan untuk tisur. Jika waktu tidur tidak cukup, otomatis kesiagaan serta kinerja di siang hari akan menurun.

Nah, sebaiknya Anda untuk membatasi jumlah konsumsi agar tidak mengganggu waktu tidur di malam harinya, jadi, minumlah secukupnya.

2. Membuat Jantung Berdebar-Debar

Seperti yang sudah admin ketahui lebih lanjut, jantung berdebar menjadi efek samping kopi hitam selanjutnya. Kafein yang terdapat pada koi hitam merangsang jantung untuk berdetak lebih cepat.

Nah, oleh karena itu, sebaiknya batasi jumlah untuk mengonsumsinya. Berikut ini jumlah aman konsumsi kafein per hari yang perlu kalian ketahui.

  • Pria dan wanita dewasa maksimal 4 cangkir per hari nya, dengan kandungan kafein sebesar 400 miligram.
  • Sedangkan wanita hamil 2 cangkir per hari, dengan kandungan kafein maksimal 200 miligram.

3. Dapat Meningkatkan Asam Lambung

Efek samping yang selanjutnya pada kopi hitam yaitu meningkatkan asam lambung. Kopi hitam memiliki efek pencahar serta merangsang pelepasan asam lambung.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka kopi hitam dapat menyebabkan sakit perut. Pada penderita maag, konsumsi kopi hitam secara berlebihan dapat memperburuk penyakit GERD yang sudah dimiliki sebelumnya.

4. Meningkatkan Rsiko Kecemasan

Jika mengonsumsi terlalu bnayak kopi bisa memiliki meningkatkan risiko kecemasan dan gugup. Menelan kopi berkafein terlalu banyak bisa menyebabkan peningkatan detak jantung, hormon stres, dan tekanan darah, yang memicu munculnya gejala cemas.

Kondisi tersebut tentu saja rentan dialami oleh seseorang yang sensitif terhadap kandungan kafein. Efeknya bahkan dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk penderita kondisi tersebut yang terus-menerus mengonsumsi kopi hitam memperparah gejala kecemasan yang sudah ada.

5. Meningkatkan Metabolisme serta Risiko Kecanduan

Kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11 persen loh! Bisa dibilang, kafein adalah suplmen pembakar lemak.

Bagi seseorang yang intoleran terhadap kafein, sepertinya harus menjauhi minuman yang satu ini. Pasalnya, efek negatif yang muncul biasanya lebih besar ketimbang manfaat yang didapatkan.

Untuk penderita kecanduan. Kopi membuat mereka lupa mengonsumsi air putih, padalah, tubuh membutuhkan asupan air putih ketimbang kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *